Digital Markethink Expert

Rumah Bersama Untuk Sukses

Tips Mengoptimalkan SEO Pada WordPress

 

Search Engine Optimization (SEO) adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah Website karena peran vitalnya. SEO adalah hal suatu hal yang wajib dilakukan untuk Anda yang mempunyai website. Apalagi sekarang ini persaingan website dihalaman pencarian Google sangatlah tidaklah mudah, ada jutaan website lain di internet yang melakukan strategi SEO. Jika website Anda tidak menerapkan strateginya juga, bisa dipastikan website Anda akan terpental di halaman pertama situs pencarian Google.

Agar website Anda bisa bersaing dengan website kompetitor, Anda setidaknya harus mencoba tips optimasi SEO WordPress dibawah ini:

1. Install Plugin SEO WordPress

Meskipun WordPress menawarkan banyak fitur SEO yang sudah built-in. Agar SEO semakin maksimal, Anda bisa mencoba dengan menginstall plugin SEO. Plugin SEO terbaik dan paling banyak digunakan di WordPress adalah Yoast SEO.

Plugin ini memudahkan Anda untuk mengoptimalkan setiap halaman dan postingan dengan keyword terpilih. Selain itu, plugin ini juga menawarkan built-in analysis yang berdasarkan pada update terbaru algoritam. Bahkan Anda juga bisa membuat sitemap XML dan menambahkan schema markup ke situs.

 

2. Manfaatkan Google Search Console

Google Search Console adalah tool webmaster yang disediakan Google secara gratis untuk membantu para pemilik website untuk mengidentifikasi performa dan melakukan optimasi website mereka di ranah organik.

Google Search Console bisa dikatakan sebagai alat monitor website yang berfungsi untuk mengetahui performa sebuah website. Dengan Google Search Console memungkinkan kamu untuk mengetahui performa website, mengetahui keyword terpopuler, trafik website, referring domain, kinerja website di perangkat mobile, eksternal dan internal link dan masih banyak lainnya.

 

3. Integrasikan dengan Google Analytics

Google Analytics adalah tool wajib bagi pemilik website. Dengan menginstall Google Analytics di website, Anda bisa dengan mudah memantau trafik web. Bukan sekedar trafik saja yang bisa Anda ketahui, platform ini juga menyediakan berbagai data soal performa sebuah situs. Mulai dari dari mana sumber trafik, data demografi pengunjung, konten populer, dan lain-lain.

Semua data tersebut bisa Anda jadikan bahan evaluasi konten dan situs web. Misalnya, Anda bisa memutuskan konten mana yang perlu ditulis ulang atau dioptimasi. Plugin apa yang perlu ditambah. Aspek teknis apa yang perlu diperbaiki. Konten atau produk mana yang menarik pengunjung.

 

4. Sitemap Google

Sitemap digunakan oleh mesin pencari untuk melacak website milik Anda. Memang situs Anda masih bisa terlacak tanpa harus menginstall Sitemap. Tapi dengan adanya Sitemap semakin memudahkan mesin pencari untuk menganalisa data yang hendak dicari di situs Anda.

Pastikan halaman-halaman tertentu yang tidak berkontribusi pada kenaikan SEO tidak ‘dilacak’ oleh Googe dan berikan perhatian lebih pada halaman-halaman yang berkontribusi pada performa SEO. Jika saat ini Anda sedang menggunakan plugin Yoast SEO, maka Anda bisa dengan mudah membuat dan menambahkan sitemap.

 

5. Riset Kata Kunci

Dengan melakukan riset kata kunci, SEO WordPress Anda dijamin akan berhasil. Tentu saja riset kata kunci ini memungkinkan Anda untuk:

  • Membuat konten yang sering dicari para pengunjung situs.
  • Memahami keinginan dan kebutuhan pasar dengan lebih baik.
  • Melacak keberhasilan konten yang Anda tulis.
  • Memahami cara meningkatkan pengunjung website dan menaikkan traffic ke situs.

Banyak tool tersedia untuk membantu Anda melakukan riset kata kunci, di antaranya adalah KWFinder, SEMRush, dan Google Keyword Planner.

 

6. Mengaktifkan Search Engine Visibility

Ternyata, ada fitur built-in WordPress yang menyembunyikan keberadaan situs Anda dari mesin pencari. Namanya adalah Search Engine Visibility. Fitur ini mungkin sangat berguna ketika Anda sedang membangun sebuah website. Tapi selanjutnya hanya akan membuat website Anda mempunyai ranking yang jelek.

Untuk mengecek opsi visibility ini, buka Settings > Reading di dashboard WordPress. Scroll ke bawah dan Anda akan melihat area atau bagian yang disebut Search Engine Visibility. Jika ter check list maka Anda un-check untuk mengaktifkan fiturnya.

 

7. Mengatur Permalink

Ketika WordPress berhasil diinstall untuk pertama kalinya, halaman dan postingan memiliki struktur URL yang tidak lazim yang tidak SEO friendly. Perlu Anda ketahui, struktur ini akan memberikan nilai buruk untuk performa SEO.

Struktur URL yang paling bersih dan mudah dilacak mesin pencari adalah pengaturan ‘post name’. Dengan mengganti pengaturan awal ke pengaturan ini, Anda bisa memasukkan judul postingan atau halaman, bahkan keyword ke URL.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Axaraa Indonesia adalah sebuah start up digital markethink yang berada di Yogyakarta. Memiliki visi untuk menjadi perusahaan yang handal dalam pemasaran digital dan membanggakan para stake holder nya.

Copyright 2020 Axaraa.com

Name - City
Membeli Product Time